Minggu, 29 November 2015

My Windows 8 : Mengeksplorasi Windows 8



Windows 8

Sistem operasi baru yang revolusioner dari microsoft ini telah meramaikan dunia teknologi selama lebih dari setahun, saat bebagai rilis tentang windows 8 dilemparkan ke publik.

Versi Windows 8
Windows 8 memiliki 3 versi, yaitu :

  Windows 8 (32-bit dan 64-bit), merupaka sistem operasi standar yang sudah memadai untuk dipakai oleh sebagian besar user.

  Windows 8 Pro (32-bit dan 64-bit), yang menambahkan fitur-fitur kelas atas seperti bitlocker, cilent hiper v, dan sistem file yang sepenuhnya dienkripsi untuk pengguna tingkat lanjut dan, windows media center.

  Windows RT, merupakan versi windows yang tersedia untuk tablet yang menggunakan prosesor ARM. Pada versi ini berisi serangkaian fitur yang sedikit berbeda yang tersedia hanya saat anda membeli table ARM baru. Jadi sistem operasi ini sudah terinstal diperalatan tersebut.
Pengertian ARM
ARM adalah prosesor atau otak dari perangkat mobile saat ini, yang menawakan desain sederhana yang bekerja dengan baik dalam kondisi daya rendah, contoh seperti android dan teblet.
Mengeksplorasi Windows 8
                Jika anda baru saja mengupgrade Windows 8, utilitasnya akan merestart setelah penginstalan selesai, saat komputer direstart Windows 8 akan langsung muncul pada layar dan setelah menanyakan serangkaian pertanyaan express set up (yang membantu Windows 8 menghubungkan anda ke internet) anda pun siap memulai eksplorasi.
                Jika anda menyalakan komputer Windows 8 baru anda untuk pertama kalinya Windows 8 akan terbuka dan menanyakan express set up yang sama. Jawab aja seperti yang diminta dan disanalah kita akan memulai eksplorasi.
Tahap tahap sederhana masuk ke layar start Windows 8 :
1.       Tekanlah tombol power komputer, komputer akan menyala dan layar lock Windows 8 akan muncul.
2.       Tekan tuts apapun untuk memunculkan informasi login anda.
3.       Ketik kata sandi dan tekan enter atau klik tanda panahnya.
4.       Anda siap meninjau Windows 8.
-           Masuk menjelajah layar start.
Disini anda bisa mendapatkan informasi yang sangat banyak dalam Windows 8, dalam layar start Windows 8 anda bisa mendapatkan berbagai fitur, seperti berita harian , internet eksplorer, akses media sosial, Windows Store, bar charms, info sistem, dan lain-lain.
-          Masuk ke Desktop Windows 8
Disini user akan bekerja dalam program yang dirancang untuk versi Windows sebelum Windows 8 yang dikenal legacy program.
-          Membuka dan Bekerja Dengan Aplikasi
Ubin-ubin berwarna pada Windows 8 mewakili aplikasi atau program, sebagian aplikasi menampilkan informasi langsung dan mutakhir pada layar start sementara yang lainnya tidak.
-          Menjelajah Internet Eksplorer 10
IE (Internet Eksplorer) 10 browser terbaru dari Microsoft, yang berguna dalam mencari informasi yang user inginkan dan berhubungan dengan orang lain, dari layar Windows 8 atau dari desktop Windows .
-          Melihat, mengatur dan Membagi Foto
Aplikasi foto pada windows 8 memfasilitasi anda untuk dengan mengatur dan membagi seluruh foto yang anda ambil dari beberapa folder.
-          Sosial Media
Aplikasi ini dapat mengumpulkan kontak media sosial faforit anda dan menampilkan berita terbaru yang bisa digunakan untuk terus terhubung dengan teman-teman favorit kita.
-          Mencari Aplikasi Favorit Baru di Windows Store
Windows store adalah sebuah tambahan baru dalam windows 8, dan ini adalah tempat untuk mencari segala macam aplikasi yang gratis maupun yang berbayar
-          Menampilkan bar charms
Menyapukan jari sedikit dari sisi paling kanan touchpad, disana terdapat tools seperti menyari file, aplikasi, dan setelan.
Menambahkan Perangkat Pada Windows 8
                Windows 8 Menyertakan Fitur deteksi otomatis untuk memindai seluruh  perangkat yang disambungkan ke pc atau ke jaringan, mendeteksi dan menghubungkan ke pri nter, tv, sistem x box dan lain sebagainya. Artinya, windows 8 bisa menemukan dan meng instal seluruh peripheral komputer secara otomatis dan user tidak perlu melakukan apapun. User dapat memulainya \dengan menggunakan charms settings dalam bar charms untuk dapat melihat perangkat windows 8 apa yang sudah ditemukan dan ditambahkan ke dalam sistem.
Troubleshooting Peranti Keras Pada Perangkat pada User
                Terkadang perangkat bisa bermasalah, jika user mengalami masalah dalam meng install sebuah perngkat, maka user bisa menggunakan troublesooter windows 8 untuk mengatasi masalah tersebut.
Me-refresh PC Menginstall Ulang Windows 8
                Jika User Merasa beberapa aplikasi tidak bekerja sebgaimana mestinya atau komputer user tidak bisa di andalkan user bisa merefresh komputer untuk memulihkan file dan setelan kekeadaan orisinal tanpa kehilangan file, media, maupun setelan
                Jika Harus install ulang, gunakanlah reset untuk membereskannya. User juga bisa menggunakan reset bila ingin menyumbangkan komputer anda kepada orang lain, riset akan membersihkan seluruh data, setelan, serta informasi pribadi dari komputer user tersebut. Dan ini penting untuk dilakukan sebelum anda menyumbangkannya.
Memahami Charms Windows  8
                Bar charms windows 8 adalah jawaban microsoft atas tantangan untuk memberi kita akses mudah dan instan ke tools yang kita butuhkan tanpa  membuat layar start windows 8 berantakan.
Hantu Bar Charms
                Jika User menggunakan Mouse, saat user meletakan kursor di sudut kanan bawah layar, user akan melihat bar charms dalam bentuk putih. Tapi keseluruhan bar charms tidak muncul sampai user menggeser mouse ke atas ares bar charms. Pada saat itu barulah latar belakang hitam muncul dan user akan melihat efek penuh bar charms.
Mengubah Tampilan Dan perilaku Baru Ubin
                Anda Mungkin Ingin Membuat Beberapa Ubin Aplikasi Jadi lebih Besar atau lebih kecil atau mungkin menghentikan pemutakhirannya yang terasa mengganggu dan tidak relevan.
                Untuk Mengubah ukuran ubin yang besar, sapulah ke bawah pada ubin atau klik kanan. Klik kanan untuk memilihnya. Bar aplikasi akan muncul di sepanjang bawah layar.
Menemukan Yang User Butuhkan, Bagaikan sulap
                Untuka Mencari sesuatu yang user inginkan dalam window 8, maka user tinggal mengetiknya saja, user tidak perlu masuk ke suatu tempat khusus, user tidak perlu mengklik ini atau itu.
Menampilkan Desktop Windows 8
                User Dapat Memulainya Pada Layar Start Windows 8, Sentuh/klik Dekstop Maka dekstop windows 8 akan muncul.
Kembali Ke layar start windows 8
                Sapukan jari dari sisi kanan layar atau tekan tuts/tombol windows, sentuh atau klik charms start.
Menambahkan Aplikasi Ke TaskBar
                Pilih aplikasi, klik kanan, pilih opsi PIN THIS PROGRAM TO TASKBAR. Dengan langkah ini user dapat membuka program tersebut dari layar start windows 8 atau dari desktop.
Mempersonalisasi Windows 8
                User ingin Menambahkan lencana yang langsung menampilkan pe mutakhiran bahkan sebelum login pada komputer? Semua itu dan lainnya bisa dilakukan.

  Mempersonalisasikan Windows Lock
Layar pertama pada saat login didalam komputer adalah layar lock, dalam layar ini user bisa melihat email, pesan, dan undangan pertemuan untuk dijawab, user juga bisa mepersonalisasi tampilan layar lock windows 8 dengna mengubah foto yang dipajang atau memilih lencana favorit.

  Memilih gambar layar lock yang baru
User dapat menggunakan charm setting untuk mempersonalisasikan kemampuan start up windows 8, dengan cara sapuka jari sisi kanan ke sudut kanan layar untuk memunculkan bar charm, klik setting untuk menampilkan sejumlah ikon setelan, klik change PC setting, pilih kategori personalize terpilih, klik salah satu foto thumbnail dibawah foto sebelumnya, kliki foto yang akan digunakana lalu klik chose picture.

  Menambahkan gambar baru pada layar lock
Caranya tamplkan foto yang akan user gunakan pada layar lock, sapukan hjari dari bawah layar keatas untuk memunculkan opsi foto, klik set as, klik lock screen, maka akan langsung jadi layarlock windows 8

  Mengubah foto akun
Caranya pada layar pesonalize, klik account picture, lalu klik browse, klik foto yang diinginkan, klik chose image.
Menambahkan Lencana
Lencana adalah nama lain untuk notifikasi yang anda lihat pada layar lock yang memberitahu anda berapa email dan pesan yang akan dijawab.
1.       Munculkan jendela PC setting dan klik personalize.
2.       Klik lock screen.
3.       Klik tanda + .
4.       Klik aplikasi yang ingin anda tambahkan sebagai lencana pada layar lock.
Mengatur Tampilkan Windows 8
                Windows 8 memiliki pendekatan menarik dalam menaawarkan skema perubahan pada tampilan seperti warna dan pola untuk layar Start. Windows juga memiliki opsi-opsi lain yang bisa membuat kemampuan komputasi anda menjadi lebih mudah.
                Langkah-langkah untuk mengubah tampilan pada layar Start, klik setting dan pilih change PC setting.
1.       Pada personalize, klik start screen.
2.       Geserlah selektor warna ke warna baru untuk melihat efek perubahannya.
3.       Setelah anda menentukan sebuah warna, pilihlah desain latar belakang sesuai keinginan.
Menaikkan Kontrasnya
1.       Dalam PC Setting usap mouse ke bawah , ke kategori ease of Acces.
2.       Geser slider High Contrast darai kiri ke kanan.
3.       Kembali ke layar Start.
Memperbesar tampilan.
1.       Klik ease of Acces dalam PC setting.
2.       Di sisi kanan slider, geser slider dalam setelan make everiting on your screen bigger dari off ke on, layar anda akan langsung diperbesar dan anda akan langsung bernavigasi seperti biasa.
Mengubah Desktop Windows 8
                User bisa memiliki dekstop dengan modifikasi yang berbeda, anda bisa memodifikasi latar belakang dan memilih tampilan baru yang bagus dengan tema lain dan latar belakang yang tersedia dalam desktop windows 8.
                Memilih latar belakang desktop.
1.       Klik aplikasi desktop pada layar Start dan klik kanan.
2.       Klik kanan area desktop, klik personalize.
3.       Klik desktop background.
4.       Klik picture location, untuk menentukan pilihan latar belakang.
5.       Geser bar gulir, untuk melihat semua pilihan.
6.       Klik setidaknya 3 imaji latar belakang dengan meng-klik kotak centang disudut kiri gambar.
7.       Klik tanda panah picture position, dan pilih apakah imaji anda ingin sepenuh layar.
8.       Klik tanda change picture every.
9.       Klik kotak centang suffle.
10.   Klik safe change.
Hemat energi dengan slide show, windows 8 diset untuk menginstirahatkan slide show jika laptop atau perangkat anda sedang menggunakan energi baterai. Jika anda ingin slide show terus berjalan saat komputer anda dicolokkan ke sumber listrik maupun tidak, anda bisa men-non aktifkan kotak centang when using batere power, pause the slide show to save power
 .
Menyempurnakan Kemampuan Sentuh
                Windows 8 sudah menetapkan sejumlah tugas-tugas dan umum untuk anda karena windows 8 :

  Menyarankan kata-kata saat anda mengetik

  Menambahkan setelah anda menerima usulan teks

  Secara otomatis menambahkan titik ketika anda menyentuh ganda spasi

  Secara deafult menulis kata pertama dengan huruf besar pada setiap kalimat

  Men-set seluruh teks dalam g=huruf besar saat anda menyentuh ganda tuts shift

  Mnegeluarkan bunyi pada saat anda mengetik

  Memberi anda opsi saat menampilkan lay-out keyv=board standar sebagai salah satu pilihan keyboard.
Mengubah Setelan Sentuhan.
1.       Dalam windows PC, klik general.
2.       Gulirkan ke baeah untuk memunculkan setelan touch keyboard.
3.       Sesuaikan slider perintah setelan yang ingin di-non aktifkan dengan menggeser dari kanan ke kiri.
Menyesuaikan Mouse
                Terkadang mouse dikalibrasi terlalu cepat atau terlalu lambat, saat anda meng-klik ganda, peranti lunaknya tidak menyadari apa yang sedang anda lakukan saat digeser, mouse meninggalkna yang mengganggu dan membingungkan pada layar, untungnya anda bisa menyempurnakan cara mouse bereaksi agar pekerjaan menunjuk dan meng-klik ini kembali menjadi aktifitas tanpa berfikir lagi.
                Menge-set kecepata kursor dan klik.
Untuk yang terbaik, anda tentu ingin mouse bergerak secara mulus dan berkesinambungan ditangan
anda.
1.       Pada layar Start windows 8 ketik mouse.
2.       Klik setting dari bar hasil search.
3.       Klik change mouse setting.
4.       Dalam properties, klik tab pointer mouse.
5.       Atur slider pada area motion untuk memperlambat atau mempercepat gerakan untuk hasil yang terbaik kotak centang Enchance Pointer Precision aktif.
6.       Jika ingin secara otomatis, klik kotak centak.
7.       Jika anda justru melihat jejak kursor, klik display pointer trails.
8.       Klik aplly.
9.       Klik tab buttons.
10.   Geser pada area slider double klik speed slow atau fast.
11.   Klik OK.
Mengamankan Komputer Windows 8
                Windows 8 memelihara action center dan diatasnya, windows 8 membangun dengan menambahkan ukuran keamanan yang baru, sekarang anda bisa membuat kata sandi gambar unik serta mengustomisasi pin login anda.
Mengustomisasi Login
                Windows 8 memfasilitasi anda untuk memambahkan foto probadi dan menampilkan lencana yang disukai pada layar lock. Semua itu membuat anda bisa memperoleh informasi yang anda inginkan, selain mengustomisasi layar lock anda bisa menyesuaikan prosedur login anda agar Windows 8 menggunakan jenis autentikasi yang anda pilih.
               
                Mengubah kata sandi, kata sandi gambar atau logon pin bisa membantu anda dengan autentikasi.
1.       Pada layar Start Windows 8, klik untuk menampilkan bar charms.
2.       Klik setting.
3.       Change PC Setting.
4.       Klik user disisi kiri layar.
5.       Disisi kanan, klik change your password.
6.       Ketik pada kolom old password, ketik sandi lama anda.
7.       Ketik sandi yang akan diganti pada new password.
8.       Ketik ulang di kolom re-enter password.
9.       Klik next, Windows 8 akan memberi tahu anda bahwa sandi sudah diganti.
Akun bermasalah. Jika anda menggunakan akun windows untuk windows 8, anda akan mendapat bantuan dalam mengakses akun anda yang bermasalah, saat anda meng­-klik­ tautan can acces your account ? Windows 8 menyediakan tautan yang bisa digunakan untuk mendapat bantuan online.
Membuat Pin Untuk Login
                Dalam membuat pin, mulailah dengan menampilkan layar PC setting, munculkan bar charms, dan pilih setting, kemudian klikk change PC setting.
1.       Klik user untuk memunculkan opsi login.
2.       Klilk read a pin disisi kanan layar.
3.       Klik kata sandi anda.
4.       Klik OK.
5.       Ketik 4 angka yang anda gunakan sebagai pin.
6.       Klik confirm pin dan ketik ulang angka yang anda masukkan.
7.       Klik finish.
Apa yang ada dalam privasi statement ?
                Saat meng-klik tautan privasi statement pada layar privasi, anda akan dibawa secara online ke laman windows tanpa pernyataan tersebut dipublikasikan. Pernyataan ini menjelaskan informasi pribadi apa yang dikumpulkan, paa pilihan atas informasi tersebut, dan bagaimana informasi digunakan.
Memperkenalkan Windows Store
                Windows Store adalah fitur baru yang menarik pada windows 8, dan banyak orang mendapatkan aplikasi di Windows store ini.

  Membuka Windows Store.
1.       Dilakukan dengan cara menyentuh ubin aplikasi`
2.       Gulirkan dengan menyapu mouse pada aplikasi dalam kategori seperti games, sosial, entertainment, dll.
3.       Sentuh sebuah ubin koleksi pada kelompok kategori tertentu.
4.       Sentuh ubin aplikasi yang diinginkan.

  Mencari aplikasi di windows store.
1.       Gunakan bar charms.
2.       Klik search.
3.       Klik atau sentuh aplikasi yang anda inginkan.

  Menginstal Aplikasi.
1.       Windows 8 akan menampilka notifikasi installin disudut kanan atas.
2.       Saat Instalasi selesai, sebuah notifikasi akan memberitahu anda.
Library Yang Berbenturan
                File eksplorer membutuhkan semacam mekanisme pengoperasianuntuk mencegah kita membuat library dimana-mana dengan folder yang sudah ada didalam library. Tapo ada satu aspek yang sedikit membuat frustasi, yaitu anda tidak bisa membuat library baru dengan mudah dari folder yang sudah dimasukkan ke dalam salah satu library default, tapi anda bisa menghapus folder itu dari library default dan kemudian memilih folder itu lagi serta membuat library.
Menjelajah dan Mencari dalam Web Ala Windows 8.
                Jika anda smartphone, kemungkinan anda sudah menjelajah web antarmuka sentuh, jadi IE 10 versi baru akan terasa sangat alami bagi anda, versi IE 10 yang anda luncyrkan dari layar Start memungkinkan anda untuk menyentuh atau meng-klik­ dari laman ke laman dengan mudah`
Apa Sih yang Diributkan Soal “Do Not Track” ?
                Do Not track adalah setelan yang memberitahu laman web yang dikunjungi bahwa anda memilih agar kebiasa menjelajah anda tidak direkam.
                Untuk menampilkan fitur tersebut dalam versi IE 10, klik tools dalam IE 10 desktop, pilih internet option, pilih tab advance, gulir ke bawah ke area security, dan klik untuk menampilkan tanda centang ke kontak contak always send do nottrack header, klik OK. Setelah anda mengubahnya, anda harus merestart komputer agar setelannya bekerja.
Bersoliasi Dengan Aplikasi People
                Aplikasi people menyatukan seluruh kontak anda dari berbagai akun media sosial dan menampilkan semuanya dalam sebuah daftar alfabets yang menarik, siap untuk anda sentuh atau klik agar terhubung. Aplikasi ini dapat ditemuka pada sisi sebelah kiri layar Start Windows 8.
Menggunakan XBOX Smartglass.
                Anda akan menemuka Xbox Smartglass di Windows Store. Xbox SmartGlass adalah utilitas gratis, utilitas ini berguna menghubungkan aplikasi music dan video dengan Xbox 360 anda.
GIM Dalam Windows 8
                Abda mungkin bisa memainkannya di PC atau Xbox, atau keduanya. Mulailah dengan menamoilkan aplikasi game dengan menyentuh ubin aplikasi menyentuh ubin aplikasi pada layar Start Windows 8. Anda dapat mengkostumisasi avatar, anda dapat mempersonalisasi avatar anda dengan memilih pakaian serta fitur, seperti gaya rambut, ciri-ciri wajah, dan lain sebagainya.
Membangun jaringan
                Pada layar start, ketik sharing center, sentuh atau klik settings, sentuh atau klik Network dan Sharing Center, Sentuh atau klik set up new connection or network, klik set up a new network. Klik next.


Mengeset HomeGroup
                Secara default, Windows 8 mengeset HomeGroup baru secara otomatis untuk jaringan rumahan anda. Atau, jika anda sudah memiliki HomeGroup pada jaringan rumahan (misalnya, anda memiliki memiliki PC desktop Windows 7, dimana Windows 7 sudah membuat HomeGroup). Windows 8 akan bertanya apakah anda ingin bergabung dengna HomeGroup yang sudah ada.

Menyimpan File ke Sky Drive
                Sekarang berkat Sky Drive, ana dapat menyimpan dan mengakses file dalam cloud semudah anda menjangkau file dalam komputer anda sendiri atau komputer lain dalam Home Group anda. Aplikasi SkyDrive pada layar Start Windows 8 memberi anda akses mudah ke dile SkyDrive, dan anda bisa dengan mudah bernavigasi ke folder yang anda inginkan dan menyimpan file tambahan di sana sesering yang anda suka.

Bekerja Dengan Troubleshooter Windows 8
                Anda akan melihat beragam troubleshooter, mulai dari tool yang membantu anda mengusut masalah file sampai tool untuk memecahkan masalah memori atau jaringan.
Aplikasi Windows 8
1.       Windows Store
2.       Aplikasi People
3.       Desktop
4.       Internet Explorer
5.       Mail
6.       Calender
7.       Messaging
8.       Music
9.       Video
10.   Photos
11.   News
12.   Games
13.   Weather
14.   Camera
15.   Maps
16.   Finance
17.   Travel
18.   Sports
19.   SkyDrive
Mengecek Aplikasi-aplikasi Bing
                Disebut aplikasi bing karena aplikasi-aplikasi ini membawa informasi spesifik ke layar Start Windows 8 yang berhubungan dengan topik tertentu. Aplikasi Bing tersedia dalam 12 bahsa di 62 Negara.

Sumber :
Judul Buku       : MY WINDOWS 8, 1st Edition (9780789749482)
Karya / Penulis : KATHERINE MURRAY
Tahun Terbit     : 2013
Dipublikasi       : Pearson Educatioin, Inc.
Penerbit            : Prigel Books / PT. SERAMBI ILMU SEMESTA

Dikerjakan bersama kelompok, disusun oleh :
Aulia Silvilakmal             : 1510631170025 / alamat blog : informatics025.blogspot.co.id
Herwindu Adha Nugraha : 1510631170066 / alamat blog : herwindu12.blogspot.co.id
Taufiq Agus Rahman       : 1510631170146 / alamat blog : taufiqagusrahman.blogspot.co.id

0 komentar:

Posting Komentar